ANAS BIN MALIK, SOSOK KHADIM SUNAH

596
Anas bin Malik, sosok pelayan sunnah
Perkiraan waktu baca: 4 menit
image_pdfUnduh PDF

Bagi para penuntut ilmu, sosoknya tidak terlalu asing untuk didengarkan. Namanya sering disebutkan dalam pembacaan-pembacaan hadis. Mengapa? Karena beliau adalah sosok sahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam dan juga merupakan di antara sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadis. Beliau adalah Anas bin Malik.

Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa ternyata masih banyak orang yang luput dan bertanya-tanya tentang beliau. Siapakah Anas bin Malik? Bagaimana kesehariannya? Dan mengapa ia bisa digolongkan sebagai sahabat yang termasuk banyak meriwayatkan hadis?

Oleh karenanya, dalam tulisan ini, penulis akan mencoba untuk menjawab rasa penasaran kita terhadap sosok beliau radiyallahu ta’ala anhu.

Nama, Nasab, Kuniyahnya

Beliau adalah Anas bin Malik bin Nadhr bin Dhamdham bin Zaid bin Haram bin Jundub bin Amir bin Ghanm bin Adi bin Najjar(1). Ia adalah seorang imam, mufti, muhaddits, dan perawi Islam. Kuniyah beliau adalah Abu Hamzah al-Anshari al-Khazraji al-Najjari al-Madani. Dan yang paling masyhur tentangnya adalah beliau seorang khadim (pelayan) Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

Kelahiran dan Khidmatnya kepada Nabi

Beliau lahir di Madinah 10 tahun sebelum hijrahnya Nabi sallallahu alaihi wasallam, dan sejak kecil beliau telah memeluk Islam di atas bimbingan ibunya yang juga merupakan sahabat Nabi dari kalangan perempuan yang dikenal dengan nama Ummu Sulaim. Ummu Sulaim mendatangi Nabi shallallahu alaihi wasallam dan menyerahkannya kepada Nabi untuk menjadi pelayan beliau. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menerimanya dan ibunya meminta Nabi untuk mendoakannya dan Nabi pun mendoakannya,

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ، وَوَلَدَهُ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

“Ya Allah, perbanyaklah hartanya, anaknya dan berkahilah untuknya apa yang Engkau berikan kepadanya.” (2)

Dalam riwayat yang lain,

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ، وَأَطِلْ حَيَاتَهُ

“Ya Allah, perbanyaklah hartanya, anaknya dan panjangkan umurnya.”(3)

Beliau mendampingi dan melayani Rasulullah dengan sebaik-baik khidmat, mendampingi, serta senantiasa menyertai beliau di mana dan kemanapun beliau berpergian semenjak beliau hijrah sampai Rasulullah shallallahu alaihi wasallam meninggal dunia.

Tak ketinggalan juga, beliau terjun dalam beberapa peperangan termasuk perang Badar. Dalam perang ini, beliau ikut menemani dan melayani Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di mana waktu itu beliau masih sangat muda dengan umur sekitar 12 tahun. Demikian pula, beliau ikut dalam momen jihad setelahnya hingga Hunain, Khaibar, pembebasan Mekah dan lain-lain.

Sejak beliau berkhidmat kepada Nabi, Nabi shallallahu alaihi wasallam memperlakukannya dengan sebaik-baik perlakuan sampai Anas bin Malik bersaksi bahwa beliau tidak pernah dibentak, dimarahi, ataupun dipukul oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam. Dan beliau berkhidmat dan melayani Nabi selama kurang lebih 10 tahun lamanya.

Dengan kebersamaan inilah Anas bin Malik radiyallahu ta’ala anhu memanfaatkannya untuk banyak-banyak mengambil hadis dari Nabi sallallahu alaihi wa sallam, belajar, dan menghafalkannya, sampai beliau termasuk dari sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadis setelah Abu Hurairah dan Abdullah bin Umar radiyallahu ta’ala anhuma. Jumlah hadis beliau yang terdapat dalam kitab-kitab hadis sebanyak 2286 hadis; 180 hadis di antaranya diriwayatkan secara bersama oleh Bukhari dan Muslim, 80 hadis hanya diriwayatkan oleh Bukhari tanpa Muslim dan 90 hadis diriwayatkan oleh Muslim tanpa Bukhari(4).

Guru-gurunya

Selain beliau memperbanyak mengambil hadis dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau juga tak sedikit mengambil hadis dari kalangan sahabat yang lain. Hal ini beliau lakukan karena mungkin saja beliau tidak sempat mendengarkan hadis secara langsung dari Nabi sehingga hal tersebut luput darinya. Di antara sahabat nabi shallallahu alaihi wa sallam yang beliau ambil hadisnya adalah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Muadz bin Jabal, Usaid bin Hudhair, Abu Thalhah, Ubadah bin Shamit, Abu Dzar, Abu Hurairah, dan ibunya Ummu Sulaim serta masih banyak yang lain.

Murid-muridnya

Dari beliau lahir beberapa murid-murid yang menjadi ulama besar dan perawi hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam, di antaranya Hasan al-Bashri, Muhammad bin Sirin, Sya’bi, Abu Qilabah, Mak-hul, Umar bin Abdul Aziz, Tsabit al-Bunani, Bakr bin Abdullah al-Muzani, Qatadah, az-Zuhri, Ibnu Munkadir, Ishak bin Abdulllah bin Abu Thalhah, Abdul Aziz bin Shuhaib, Amr bin Amir al-Kufi, Sulaiman al-Taimi, Humaid al-Thawil, Yahya bin Said al-Anshari, Katsir bin Sulaim, Isa bin Thahman, dan masih banyak yang lainnya.

Keutamaan dan Ibadahnya

Di antara keutamaan beliau adalah mendapatkan kesempatan untuk menjadi pelayan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam dan membersamai Nabi kurang lebih 10 tahun lamanya. Beliau juga mendapatkan doa khusus dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam untuk diperbanyak hartanya, keturunannya, dan diperpanjang umurnya. Doa ini terkabul di mana sepeninggal Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau adalah termasuk di antara sahabat yang memiliki harta daan keturunan terbanyak demikian pula umur yang terpanjang.

Beliau juga merupakan sosok hamba yang taat kepada Allah azza wa jalla, sampai dikatakan oleh Abu Hurairah radiyallahu anhu,

مَا رَأَيْتُ أَحَدًا أَشْبَهَ بِصَلاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وَسَلَّمَ مِنَ ابْنِ أُمِّ سُلَيْمٍ

“Saya tidak melihat seseorang yang lebih menyerupai salat Nabi shallallahu alaihi wa sallam  melebihi anak Ummu Sulaim (maksudnya Anas bin Malik).”(5)

Dan berkata pula Anas bin Sirin,

كَانَ أَنَسُ بنُ مَالِكٍ أَحسَنَ النَّاسِ صَلاَةً فِي الحَضَرِ وَالسَّفَرِ

“Anas bin Malik adalah orang yang paling baik salatnya di antara manusia, baik itu pada saat mukim maupun dalam keadaan bersafar.”(6).

Cucunya, Tsumamah bin Abdullah, juga bertutur,

كَانَ أَنَسٌ يُصَلِّي حَتَّى تَفَطَّرَ قَدَمَاهُ دَماً، مِمَّا يُطِيلُ القِيَامَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ

“Anas bin Malik pernah salat sampai darah bercucuran dari kakinya dikarenakan dia memanjangkan berdiri (dalam salatnya), radiyallahu ta’ala anhu.”(7).

Wafatnya

Ulama berbeda pendapat tentang tahun meninggalnya beliau. Diriwayatkan oleh Ma’mar dari Humaid bahwa beliau meninggal pada tahun 91 hijriah, sebagian yang lain mengatakan beliau meninggal di tahun 92 hijriah, dan sebagian yang lain mengatakan bahwa beliau meninggal pada tahun 93 hijriah dan inilah yang dikuatkan dan dipilih oleh Ibnu al-Atsir(8) dan al-Dzahabi(9). Beliau wafat di Bashrah dengan umur kurang lebih 103 tahun radiyallahu ta’ala anhu.

Wallahu ta’ala a’lam.

Referensi :

  1. Usdu al-Ghabah fi Ma’rifah al-Shahabah, karya al-Muarrikh Ibnu al-Atsir, Dar al-Kutub al-Ilmiah, Beirut, Cetakan I, Tahqiq: Ali Muhammad al-Muawwadh dan Ali Ahmad Abdul Maujud.
  2. Siyar A’lam al-Nubala, karya Imam al-Dzahabi, Muassah al-Risalah, Beirut, Tahqiq: Syuaib al-Arnauth dll.
  3. Al-Ishabah fi Tamyiz al-Shahabah, karya al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani, Dar al-Kutub al-Ilmiah, Beirut, Cetakan I, Tahqiq: Ali Muhammad al-Muawwadh dan Ali Ahmad Abdul Maujud.
  4. Tarikh Dimasyq, karya Abul Qasim Ibnu Asakir, Darul Fikri, Beirut, Tahqiq: Amru bin Gharamah all-Amrawi.
  5. Al-Tadwin fi Akhbar Qazwin, karya Abdul Karim al-Rafi’i al-Qazwini, Dar al-Kutub al-Ilmiah, Beirut, Tahqiq: Azizullah Utharidi.

Footnote :

(1) Siyar A’lam Al-Nubala (3/ 395) dan Al-Ishabah (1/ 275)

(2) H.R. Bukhari (no. 6334) dan Muslim (no. 660)

(3) Lihat: Al-Tarikh Al-Dimasyq (3/ 349) dan Siyar A’lam Al-Nubala (3/ 399)

(4) Lihat: Siyar A’lam Al-Nubala (3/ 406)

(5) Al-Tadwin fi Akhbar Al-Qazwin (3/ 107)

(6) Siyar A’lam Al-Nubala (3/ 400)

(7) Ibid

(8) Usdu Al-Ghabah (1/ 294)

(9) Siyar A’lam Al-Nubala (3/ 406)

image_pdfUnduh PDF
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments