BEBERAPA PETUNJUK NABI ṢALLALLĀHU ‘ALAIHI WA SALLAM DALAM KESEHARIANNYA[1]
Daftar Isi:
Petunjuknya ﷺ dalam Berpakaian, Makan Dan Minum, dan Warna Kesukaan Beliau ﷺ
Warna yang paling beliau ﷺ sukai adalah putih. Beliau ﷺ bersabda,
«خَيْرُ ثِيَابِكُمُ الْبَيَاضُ فَالْبَسُوهَا، وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ»
Artinya, “Pakaian terbaik kalian adalah yang berwarna putih, pakailah dan kafanilah orang yang meninggal kalian dengannya.”[2]
Pakaian Beliau ﷺ
Beliau ﷺ memakai pakaian yang mudah didapatkan dan tersedia, kadang dari kain wol, kadang dari katun, dan kadang dari linen. Saat beliau ﷺ hendak memakai pakaiannya maka beliau mendahulukan bagian kanan.
Sikap Pertengahan Beliau ﷺ dalam Berpakaian
Sebagian salaf berkata,
كَانُوا يَكْرَهُونَ الشُّهْرَتَيْنِ مِنَ الثِّيَابِ الْعَالِي وَالْمُنْخَفِضِ
Artinya, “Mereka membenci dua pakaian syuhrah (ketenaran) yang terlalu mewah dan terlalu rendah.”
Di dalam hadis Ibn ‘Umar raḍiyallāhu ‘anhumā,
«مَنْ لَبِسَ ثَوْبَ شُهْرَةٍ أَلْبَسَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثَوْبَ مَذَلَّةٍ ثُمَّ تَلَهَّبُ فِيهِ النَّارُ»
Artinya, “Barang siapa yang memakai pakaian syuhrah maka Allah akan memakaikannya pakaian kehinaan di hari kiamat kemudian membakarnya dengan api neraka.”[3]
Sebab, orang yang memakai pakaian ini bertujuan untuk menyombongkan diri dan berbangga, Allah pun menghukumnya.
Dari Ibn Umar raḍiyallāhu ‘anhumā bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,
«مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلَاءَ لَمْ يَنْظُرِ اللَّهُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ»
Artinya, “Siapa yang memanjangkan pakaiannya karena kesombongan, Allah tidak akan memandangnya (dengan pandangan rahmat) pada hari kiamat.”[4]
Makanan Beliau ﷺ
Beliau ﷺ tidak menolak yang ada, dan tidak membebani diri mencari yang tidak ada. Tidaklah dihidangkan kepada beliau makanan yang halal dan baik melainkan beliau akan memakannya, kecuali apabila makanan tersebut beliau tidak suka atau tidak terbiasa maka beliau akan meninggalkannya tanpa mengharamkannya. Abu Hurairah raḍiyallāhu ‘anhu berkata,
مَا عَابَ النَّبِيُّ ﷺ طَعَامًا قَطُّ، إِنِ اشْتَهَاهُ أَكَلَهُ وَإِنْ كَرِهَهُ تَرَكَهُ
Artinya, “Nabi ﷺ tidak pernah mencela makanan sekalipun. Bila beliau berselera beliau memakannya dan bila tidak suka maka beliau meninggalkannya.”[5]
Sebagaimana beliau tidak memakan ḍab (sejenis hewan padang pasir menyerupai biawak) karena tidak terbiasa (memakannya).
Cara Makannya ﷺ
- Sebagian besar tempat makan beliau ﷺ di atas lantai diletakkan di atas sufrah (sesuatu yang dihamparkan untuk alas makanan).
- Beliau ﷺ makan dengan menggunakan tiga jari.
- Beliau ﷺ tidak makan sambil bersandar.
- Beliau ﷺ membaca basmalah sebelum makan dan membaca hamdalah setelah selesai.
- Ketika beliau ﷺ selesai makan, beliau menjilati jari-jemarinya.
Cara Minum Beliau ﷺ
- Kebanyakan beliau ﷺ minum sambil duduk, bahkan beliau menegur yang minum sambil berdiri. Beliau ﷺ membolehkan (minum sambil berdiri) jika tidak memungkinkan minum sambil duduk.
- Ketika memberi minum, beliau ﷺmendahulukan orang yang berada di sisi kanannya, meskipun orang yang ada di sisi kirinya lebih tua darinya (dari yang di sisi kanannya).
Petunjuk Beliau ﷺ dalam Perkara Nikah Dan Bergaul dengan Pasangan
- Beliau ﷺ bersabda,
«حُبِّبَ إِلَيَّ مِنَ الدُّنْيَا النِّسَاءُ وَالطِّيبُ، وَجُعِلَتْ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلَاةِ»
Artinya, “Dijadikan kesenanganku dari dunia pada wanita dan wewangian, dan dijadikan penyejuk hatiku dalam salat.”[6]
- Beliau membagi antara istri-istri beliau jatah menginap malam hari, tempat tinggal, dan nafkah.
- ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā berkata,
وَكَانَ إِذَا أَرَادَ سَفَرًا أَقْرَعَ بَيْنَ نِسَائِهِ، فَأَيَّتُهُنَّ خَرَجَ سَهْمُهَا خَرَجَ بِهَا مَعَهُ، وَلَمْ يَقْضِ لِلْبَوَاقِي شَيْئًا
Artinya, “Apabila Rasulullah ﷺ hendak safar, beliau melakukan undian di antara istri-istri beliau, siapa dari mereka yang keluar namanya maka akan ikut bersamanya, dan beliau tidak menqada jatah istri-istrinya yang lain.”[7]
- Kehidupan beliau ﷺ bersama istri-istrinya dengan pergaulan baik dan akhlak mulia.
- Beliau ﷺ pernah mengirim beberapa anak perempuan kaum Anshar kepada ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā agar mereka bermain bersama, dan apabila ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā menginginkan sesuatu yang tidak terlarang, maka beliau ﷺ akan memenuhi keinginannya.
- Beliau ﷺ biasa berbaring di pangkuan ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā sambil membaca Al-Qur’an, padahal boleh jadi ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā sedang haid.
- Beliau ﷺ pernah meminta ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā untuk mengenakan kain sarung karena ia sedang haid, kemudian beliau pun mencumbuinya.
- Beliau ﷺ pernah mencium ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā ketika beliau ﷺ sedang berpuasa.
- Di antara bentuk kelembutan dan akhlak mulia beliau ﷺ terhadap keluarganya, beliau ﷺ biasa bermain dengan ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā, beliau ﷺ berlomba lari dengannya dua kali ketika sedang dalam perjalanan, pernah juga sekali mereka berdua berebutan keluar dari pintu rumah.
- Apabila beliau ﷺ pulang dari safar, beliau ﷺ tidak mengetuk pintu keluarganya di malam hari, beliau ﷺ melarang hal tersebut.
Petunjuknya ﷺ Ketika Hendak Tidur Dan Bangun
- Apabila beliau ﷺ hendak tidur di atas kasurnya, beliau ﷺ mengucapkan:
«اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ»
Artinya, “Ya Allah dengan menyebut namaMu aku hidup dan mati.”[8]
- Apabila beliau beranjak ke tempat tidurnya setiap malam, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya, kemudian beliau meniup dan membaca pada keduanya, surat al-Ikhlas, Al-Falaq, dan al-Nas, lalu beliau mengusap anggota tubuh yang dapat dijangkau dengan kedua tangannya tersebut, beliau mulai mengusap dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya, beliau melakukan hal tersebut tiga kali.
- Apabila beliau ﷺ hendak tidur beliau meletakkan tangan kanan di bawah pipinya, kemudian beliau berdoa,
«اللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ»
Artinya, “Ya Allah lindungilah aku dari adzabMu, ketika Engkau membangkitkan hamba-hambaMu”, tiga kali.[9]
- Apabila beliau ﷺ bangun dari tidurnya beliau ﷺ mengucapkan,
«الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ»
Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepadaNyalah kami kembali”[10]
- Kemudian setelah itu beliau ﷺ bersiwak.
- Beliau ﷺ tidur di awal malam dan bangun di akhir malam, dan kadang beliau ﷺ begadang di awal malam untuk kepentingan kaum Muslimin.
- Mata beliau ﷺ tidur, akan tetapi hati beliau terus terbangun.
- Apabila beliau ﷺ tidur tidak ada yang membangunkan beliau sampai beliau bangun dengan sendirinya.
- Tidur beliau ﷺ adalah tidur yang terbaik, dan itu merupakan tidur yang sangat bermanfaat.
Footnote:
[1] Diterjemahkan dan disadur dari kitab al-Mukhtaṣar al-Mufīd li Sīrah al-Nabi al-Muṣṭafā ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam wa Syamā’ilihi karya Haiṡam bin Muḥammad Sarhan (Mantan Pengajar Ma’had Masjid Nabawi dan pengasuh situs: alsarhaan.com.
[2] H.R. Abu Daud (no. 3878, 4061), Tirmiżi (no. 994), dan Ibn Majah (no. 3566) dari sahabat Ibn ‘Abbās radhiyallahu anhuma, lafaz hadisnya sesuai periwayatan Ibn Majah. Hadis ini dinyatakan sahih oleh al-Albāni dalam Mukhtashar al-Syamāil al-Muḥammādiyyah (hal. 49) dan al-Arnauṭ dalam tahkik Sunan Ibn Majah (4/579) mengatakan sanadnya kuat.
[3] H.R. Abu Daud (no. 4029, 4030) dan Ibn Mājah (no. 3606, 3607). Hadis ini dinyatakan hasan oleh al-Albāni dalam tahkik Misykāh al-Maṣābīḥ (2/1246) dan juga al-Arnauṭ dalam tahkik Sunan Abu Dawūd (6/143).
[4] H.R. Bukhari (no. 3665) dan Muslim (no. 2085).
[5] H.R. Bukhari (no. 3563) dan Muslim (no. 2064).
[6] H.R. Nasāi (no. 3939) dari sahabat Anas bin Malik raḍiyallahu’anhu. Hadis ini dinyatakan sahih oleh al-Albāni dalam Ṣaḥīḥ al-Jāmi’ al-Ṣagīr (1/599).
[7] H.R. Bukhari (no. 2593) dan Muslim (no. 2455) namun dalam periwayatan keduanya tidak terdapat perkataan, “dan beliau tidak menqada jatah istri-istrinya yang lain”. Wallahualam.
[8] H.R. Bukhari (no. 7394) dari sahabat Hużaifah bin al-Yaman raḍiyallahu’anhuma.
[9] H.R. Abu Dawūd (no. 5045) dari Hafṣah raḍiyallahu’anha.
[10] H.R. Muslim (no. 2711) dari al-Barā’ bin ‘Azib raḍiyallahu’anhuma.