HADIS KE-20: MENDIDIK ANAK MENGHAFAL AL-QUR’AN

149
(jpg) HADIS KE MENDIDIK ANAK MENGHAFAL AL QUR'AN
Perkiraan waktu baca: 1 menit

40 HADIS PENDIDIKAN ANAK[1]

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: «جَمَعْتُ المـُحْكَمَ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ». فَقُلْتُ لَهُ: وَمَا المُحْكَمُ؟ قَالَ: المُفَصَّلُ.

Artinya:

Dari ‘Abdullah bin ‘Abbās raḍiyallahu’anhuma, beliau berkata, “Aku telah mengumpulkan (menghafal) al-muḥkam pada masa Rasulullah ṣallallāhu ‘alaihi wasallam.” Aku pun bertanya kepadanya, “Apa itu al-muḥkam?” Ia menjawab, “Al-mufaṣṣal.”

Daftar Isi:

Takhrij Hadis

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam al-Bukhāri dalam al-Ṣaḥīḥ dalam Kitab Faḍāil al-Qur’ān Bab Mengajari Anak al-Qur’an nomor 5036.

Kosakata Hadis

Al-mufaṣṣal: surah-surah yang memiliki banyak faṣl, yakni dari al-Ḥujurāt hingga akhir al-Qur’an menurut pendapat yang sahih.

Ibn Ḥajar berkata, “Kalimat ‘Aku pun bertanya kepadanya…’ ditujukan kepada Sa’īd bin Jubair, dan yang bertanya adalah Abu Bisyr.’ Berbeda dengan yang nampak bahwa kata ganti tersebut merujuk kepada Ibn ‘Abbās dan penanya adalah Sa’īd bin Jubair. Akan tetapi, juga memungkinkan bahwa masing-masing mereka bertanya kepada gurunya tentang hal itu.”

Pelajaran

  1. Pentingnya mendidik anak untuk menghafalkan Al-Qur’an.
  2. Mempelajari dan menghafal Al-Qur’an termasuk ilmu yang paling agung dan paling penting.
  3. Pendidikan anak dimulai dengan menghafal Al-Qur’an dari surah-surah yang mudah dan seterusnya dengan memperhatikan usia dan kemampuannya.
  4. Pengajaran yang bertahap dari seorang pendidik mulai dari yang mudah ke yang sulit adalah manhaj yang sahih.
  5. Pengaruh hafalan pada anak adalah besar. Menetapkan dan bertahannya hafalan tersebut lebih langgeng dibandingkan pada orang tua. Dikatakan, “Menghafal di usia muda seperti mengukir di atas batu.”
  6. Urgensi menghafal dalam proses pendidikan dan bahwa ia merupakan sarana terbaik untuk memahami.
  7. Memulai dengan mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an adalah manhaj yang benar. Demikian para sahabat mendidik anak-anak mereka.
  8. Anak didik terbaik adalah mereka yang tumbuh dengan Al-Qur’an dan petunjuknya.
  9. Menggabungkan antara hafalan dan pemahaman adalah teori yang tepat, tidak seperti yang hanya mencukupkan dengan salah satunya.
  10. Menghafal Al-Qur’an seluruhnya adalah fardu kifayah. Adapun setiap muslim wajib menghafal Al-Qur’an sesuai kadar yang ia butuhkan dalam salatnya. Menghafal Al-Qur’an adalah salah satu ibadah kepada yang paling agung.
Baca juga:  HADIS KEDUA: TANGGUNG JAWAB ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK

 

 


Footnote:

[1] Diterjemahkan dan disadur dari kitab al-Arba’ūn al-Jiyād fi Tarbiyah al-Aulād (Empat Puluh Hadis Pendidikan Anak) karya Syekh ‘Abd al-‘Azīz bin Muḥammad al-Ḥuwaiṭān hafiẓahullāh.

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments