HADIS KE-25: MENCIUM ANAK KECIL SERTA BERKASIH SAYANG DAN LEMAH LEMBUT KEPADA MEREKA

159
(jpg) Hadis Pendidikan Anak
Perkiraan waktu baca: 1 menit

40 HADIS PENDIDIKAN ANAK[1]

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ: قَدِمَ نَاسٌ مِنَ الْأَعْرَابِ عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالُوا: أَتُقَبِّلُونَ صِبْيَانَكُمْ؟ فَقَالُوا: نَعَمْ، فَقَالُوا: لَكِنَّا وَاللهِ مَا نُقَبِّلُ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «وَأَمْلِكُ إِنْ كَانَ اللهُ نَزَعَ مِنْكُمُ الرَّحْمَةَ»

Artinya:

Dari ‘Āisyah raḍiyallahu’anha beliau berkata, “Sekelompok orang Arab dusun datang menemui Rasulullah ṣallallāhu ‘alaihi wasallam, lalu mereka berkata, ‘Apakah kalian biasa mencium anak-anak kecil kalian?’ Para sahabat menjawab, ‘Ya.’ Lalu mereka berkata, ‘Demi Allah, kami tidak pernah menciumnya.’ Maka Rasulullah ṣallallāhu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Saya tidak kuasa bila Allah mencabut rasa kasih sayang dari kalian.’”

Daftar Isi:

Takhrij Hadis

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam al-Bukhāri dalam al-Ṣaḥīḥ dalam Kitab al-Adab, Bab Kasih Sayang kepada Anak serta Mencium dan Memeluk Mereka nomor 5998 dan Imam Muslim dalam al-Ṣaḥīḥ dalam Kitab al-Faḍāil Bab Kasih Sayang Rasulullah ṣallallāhu ‘alaihi wasallam kepada Anak-anak nomor 2317. Ini adalah lafaz Muslim.

Pelajaran

    1. Disyariatkannya mencium anak kecil.
    2. Di antara ajaran Islam adalah bersikap kasih sayang dan lemah lembut kepada anak-anak.
    3. Seorang pendidik harus memahami kelemahan anak-anak dari sisi akal dan fisik dibanding orang dewasa sehingga sikap kasih sayang dan lemah lembut harus lebih dominan dibanding sikap keras dan pemberian hukuman.
    4. Bersikap ceria dan mencium anak-anak bisa menumbuhkan kepercayaan dan kekuatan diri mereka.
    5. Keluarga yang penuh kasih sayang akan meraih kesuksesan.
    6. Pentingnya orang tua dekat dengan anak-anak mereka secara kejiwaan dan fisik.
    7. Sifat kasih sayang adalah nikmat yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang Dia inginkan. Nabi ṣallallāhu ‘alaihi wasallam bersabda,
Baca juga:  HADIS KESEPULUH: LARANGAN MENDOAKAN ANAK DENGAN KEBURUKAN DAN BERSABAR ATAS KESALAHAN MEREKA

وَإِنَّمَا يَرْحَمُ اللَّهُ مِنْ عِبَادِهِ الرُّحَمَاءَ

Artinya:
“Dan sesungguhnya Allah akan merahmati di antara hamba-hambaNya yang berkasih sayang.”

    1. Di antara sifat paling agung seorang pendidik adalah kasih sayang kepada anak didiknya.

 

 


Footnote:

[1] Diterjemahkan dan disadur dari kitab al-Arba’ūn al-Jiyād fi Tarbiyah al-Aulād (Empat Puluh Hadis Pendidikan Anak) karya Syekh ‘Abd al-‘Azīz bin Muḥammad al-Ḥuwaiṭān hafiẓahullāh.

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments