SYAMĀ’IL NABI ṢALLALLĀHU ‘ALAIHI WA SALLAM[1]
Daftar Isi:
Sifat Beliau ﷺ Secara Umum
Sifat beliau ﷺ yang paling sempurna adalah apa yang beliau sifatkan tentang dirinya sendiri ﷺ,
أَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ، وَاللهِ مَا أُحِبُّ أَنْ تَرْفَعُونِي فَوْقَ مَنْزِلَتِي الَّتِي أَنْزَلَنِي اللهُ
Artinya:
“Saya adalah Muḥammad hamba Allah dan utusan-Nya, demi Allah, saya tidak suka jika kalian meninggikanku di atas kedudukan yang telah Allah ﷻ tetapkan padaku.”[2]
Beliau ﷺ adalah sosok manusia yang paling baik fisik dan akhlaknya. Allah ﷻ berfirman,
﴿وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ﴾
Artinya:
“Sungguh kamu benar-benar berada di atas akhlak yang agung.”[3]
‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā berkata,
كَانَ خُلُقُهُ القُرْآنَ
Artinya:
“Akhlak beliau adalah Al-Qur’an.” [4]
Beliau ﷺ mengamalkan isi Al-Qur’an, mengindahkan batasan-batasannya, dan meridai apa yang diridai oleh Allah, serta memurkai apa yang dimurkai-Nya.
Khalīlullāh (Kekasih Allah)
Beliau ﷺ bersabda,
إنَّ اللّهَ اتَّخَذَنِي خليلًا كَمَا اتَّخَذ إبراهيمَ خَلِيلًا
Artinya:
”Sesungguhnya Allah ﷻ telah menjadikanku sebagai kekasih sebagaimana Dia menjadikan Nabi Ibrāhīm sebagai kekasih.”[5]
Sifat-Sifat Fisik Beliau ﷺ
Tubuh Beliau ﷺ yang Mulia
Anas bin Mālik raḍiyallāhu ‘anhu berkata,
كانَ رَسولُ اللهِ ﷺ أَزْهَرَ اللَّوْنِ، كَأنَّ عَرَقَهُ اللُّؤْلُؤُ، إذَا مَشَى تَكَفَّأَ، وَلَا مَسِسْتُ دِيبَاجَةً، وَلَا حَرِيرَةً أَلْيَنَ مِن كَفِّ رَسولِ اللهِ ﷺ، وَلَا شَمِمْتُ مِسْكَةً وَلَا عَنْبَرَةً أَطْيَبَ مِن رَائِحَةِ رَسولِ اللهِ ﷺ
Artinya:
“Rasulullah ﷺ adalah sosok yang putih warna kulitnya, keringatnya laksana permata, jika berjalan, jalannya condong ke depan (seperti orang yang berjalan di penurunan). Saya tidak pernah menyentuh dībāj (yaitu sejenis sutra halus) atau sutra yang lebih lembut daripada telapak tangan Rasulullah ﷺ, dan saya tidak pernah mencium aroma minyak kasturi ataupun ‘anbar (sejenis wangian) yang lebih harum daripada semerbak Rasulullah ﷺ.”[6]
Perawakan Beliau ﷺ
Al-Barā’ bin ‘Āzib raḍiyallāhu ‘anhumā berkata,
كانَ النبيُّ ﷺ مَرْبُوعًا، بَعِيدَ ما بيْنَ المَنْكِبَيْنِ، له شَعَرٌ يَبْلُغُ شَحْمَةَ أُذُنِهِ، رَأَيْتُهُ في حُلَّةٍ حَمْرَاءَ، لَمْ أرَ شيئًا قَطُّ أحْسَنَ مِنْه
Artinya:
“Nabi ﷺ adalah seorang yang berbadan marbū’ (maksudnya: sedang, tidak jangkung, dan tidak pendek), berdada bidang/jarak, antara kedua bahunya cukup lebar. Beliau mempunyai rambut hingga menyentuh ujung telinganya. Aku pernah melihat beliau mengenakan baju merah dan aku tidak pernah melihat sesuatu yang lebih tampan/indah dari beliau.”[7]
Wajah Beliau ﷺ
Ka’ab bin Mālik raḍiyallāhu ‘anhu berkata,
فَلَمَّا سَلَّمْتُ علَى رَسولِ اللَّهِ ﷺ وهو يَبْرُقُ وجْهُهُ مِنَ السُّرُورِ، وكانَ رَسولُ اللَّهِ ﷺ إذَا سُرَّ اسْتَنَارَ وجْهُهُ، حتَّى كَأنَّهُ قِطْعَةُ قَمَرٍ، وكُنَّا نَعْرِفُ ذلكَ منه.
Artinya:
“Ketika aku memberi salam kepada Rasulullah ﷺ wajah beliau bersinar karena sangat gembira. Merupakan kebiasaan Rasulullah ﷺ saat bergembira, wajahnya seakan bersinar, bagaikan sinar rembulan, dan kami pun mengenali ciri kegembiraan itu dari wajah beliau.” [8]
Al-Barā’ raḍiyallāhu ‘anhu pernah ditanya,
أَكَانَ وَجْهُ النَّبِيِّ ﷺ مِثْلَ السَّيْفِ؟ قَالَ: لَا بَلْ مِثْلَ الْقَمَرِ
Artinya:
“Apakah wajah Nabi ﷺ laksana pedang?” Beliau menjawab, “Tidak, akan tetapi wajah beliau laksana rembulan.”[9]
Rambut Beliau ﷺ
Anas bin Mālik raḍiyallāhu ‘anhu berkata,
كانَ النبيُّ ﷺ ضَخْمَ اليَدَيْنِ، لَمْ أرَ بَعْدَهُ مِثْلَهُ، وكانَ شَعَرُ النبيِّ ﷺ رَجِلًا، لا جَعْدَ ولَا سَبِطَ
Artinya:
“Nabi ﷺ adalah seseorang yang berlengan kekar, aku tidak pernah melihat seorang pun menyerupainya, sedangkan rambut Nabi ﷺ ikal, tidak terlalu lurus dan tidak pula keriting.”[10]
Mata Beliau ﷺ
Jābir bin Samurah raḍiyallāhu ‘anhu berkata,
كانَ رَسولُ اللهِ ﷺ ضَلِيعَ الفَمِ، أَشْكَلَ العَيْنِ، مَنْهُوسَ العَقِبَيْنِ
Artinya:
“Rasulullah ﷺ itu bermulut lebar, bermata asykal (terdapat warna kemerahan di bagian putih matanya) dan tumitnya kurang berdaging.”[11]
Keringat Beliau ﷺ
Anas bin Mālik raḍiyallāhu ‘anhu berkata,
دَخَلَ عَلَيْنَا النَّبيُّ ﷺ فَقالَ عِنْدَنَا، فَعَرِقَ، وَجَاءَتْ أُمِّي بقَارُورَةٍ، فَجَعَلَتْ تَسْلِتُ العَرَقَ فِيهَا، فَاسْتَيْقَظَ النَّبيُّ ﷺ، فَقالَ: يا أُمَّ سُلَيْمٍ، ما هذا الذي تَصْنَعِينَ؟ قالَتْ: هذا عَرَقُكَ نَجْعَلُهُ في طِيبِنَا، وَهو مِن أَطْيَبِ الطِّيبِ
Artinya:
“Nabi ﷺ pernah berkunjung ke rumah kami. Kemudian beliau qailūlah (tidur siang hari) di rumah kami hingga berkeringat. Lalu ibuku datang dengan sebuah botol dan berupaya memasukkan keringat tersebut ke dalam botol itu. Tiba-tiba Nabi ﷺ terbangun seraya berkata, ‘Wahai Ummu Sulaim, apa yang anda lakukan’? Ummu Sulaim (ibu Anas bin Mālik) menjawab, ‘Kami hanya mengambil keringat Anda untuk kami jadikan wewangian kami’. Keringat beliau merupakan wewangian yang paling harum wanginya.”[12]
Cap Tanda Kenabian
Beliau ﷺ memiliki cap (stempel) kenabian di antara kedua bahunya, dan cap tersebut menonjol di tubuhnya, bagaikan tahi lalat.
Jābir bin Samurah raḍiyallāhu ‘anhu berkata,
وَرَأَيْتُ الخَاتَمَ عِنْدَ كَتِفِهِ مِثْلَ بَيْضَةِ الحَمَامَةِ يُشْبِهُ جَسَدَهُ
Artinya:
”Aku melihat sebuah cap di bahunya, kira-kira sebesar telur merpati serupa dengan (warna) tubuh beliau.”[13]
Footnote:
[1] Diterjemahkan dan disadur dari kitab al-Mukhtaṣar al-Mufīd li Sirah al-Nabi al-Muṣṭafā ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam wa Syamā’ilihi karya Haiṡam bin Muḥammad Sarhan (Mantan Pengajar Ma’had Masjid Nabawi dan pengasuh situs: alsarhaan.com.
[2] H.R. Aḥmad, no. 12551.
[3] Q.S. al-Qalam, ayat 4.
[4] Diriwayatkan oleh Muslim, no. 746, dan Aḥmad , no. 24601, lafaz ini sesuai periwayatannya.
[5] H.R. Muslim, no. 532.
[6] H.R. Muslim, no. 2330.
[7] H.R. Bukharī, no. 3551, dan Muslim, no. 2337.
[8] H.R. Bukharī, no. 3556.
[9] H.R. Bukharī, no. 3552.
[10] H.R. Bukharī, no. 5906, dan Muslim, no. 2338.
[11] H.R. Muslim, no. 2339.
[12] H.R. Muslim, no. 2331.
[13] H.R. Muslim, no. 2344.
Zina hati
Semakin ke sini aku semakin yakin bahwa zina itu dosa. Meski hanya zina hati, zina mata, dst. Meski zinanya dengan orang yang paling kucintai. Ingat hadis kullu bani adam khott
Maka jika beliau berbuat sesuatu yang menyelisihi sabda (ucapan) beliau, maka yang dianggap wahyu adalah ucapan beliau;
اكتب فوالذي نفسي بيده ما يخرج منه إلا حق
Boleh bagi wanita melihat (lebih dari sekali) kepada budak/hambasahaya/laki2 yg belum baligh.
Aku berlepas diri dari orang yang mengikuti pendapatku tanpa ilmu.