KEKIKIRAN MERAJALELA DI AKHIR ZAMAN

116
KEKIKIRAN MERAJALELA DI AKHIR ZAMAN
Perkiraan waktu baca: 2 menit
image_pdfUnduh PDF

REDAKSI HADIS:

عن أَبي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَتَقَارَبُ الزَّمَانُ وَيَنْقُصُ الْعَمَلُ وَيُلْقَى الشُّحُّ وَيَكْثُرُ الْهَرْجُ، قَالُوا: وَمَا الْهَرْجُ؟ قَالَ: الْقَتْلُ الْقَتْلُ

Dari Abū Hurairah raḍiyallāhu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Zaman semakin saling mendekat, amalan (saleh) kian berkurang, kekikiran semakin merajalela dan alharj semakin banyak terjadi’. Mereka (para sahabat) bertanya, ‘Apakah alharj itu’? Beliau menjawab, ‘Pembunuhan, pembunuhan’.”

TAKHRIJ HADIS:

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhārī dalam kitabnya, Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, kitab al-Adab, Bab “Akhlak yang Baik dan Kedermawanan”, nomor 6037, dan Imam Muslim dalam dalam kitabnya, Ṣaḥīḥ Muslim, kitab al-’Ilm, Bab “Ilmu Diangkat”, nomor 157.

BIOGRAFI SAHABAT PERAWI HADIS:

Lihat pembahasan tentang biografi beliau di link: https://markazsunnah.com/perawi-islam-Abū-hurairah/ .

FAEDAH DAN KESIMPULAN:

  1. Hadis ini adalah salah satu di antara sekian banyak hadis yang menjelaskan fenomena yang akan terjadi menjelang hari kiamat.
  2. Para ulama menyebutkan bahwa di antara makna “yataqārabu al-zamān” (zaman semakin dekat) adalah hari kiamat sudah dekat atau waktu menjadi pendek dari biasanya di mana setahun menjadi seperti sebulan, sebulan terasa seperti sepekan dst. dan hal itu terjadi utamanya pada saat matahari terbit di sebelah barat. Dapat pula bermakna bahwa umur manusia menjadi lebih singkat atau makna lain yaitu hilangnya keberkahan waktu dimana waktu terasa begitu cepat berlalu tanpa ada amalan saleh yang dilakukan. Sebagian juga menyebutkan bahwa maknanya adalah isyarat tentang mudahnya transportasi di akhir zaman dimana perjalanan yang dahulu membutuhkan waktu berbulan-bulan atau berhari-hari, tetapi di akhir zaman hanya membutuhkan waktu yang singkat, wallāhu a’lam(1).
  3. Di antara tanda kiamat adalah makin sedikit orang yang melakukan amalan saleh baik ibadah yang sifatnya vertikal maupun ibadah sosial (horizontal) yang bermanfaat untuk orang lain.
  4. Menjelang hari kiamat, manusia bertambah kikir karena kecintaan terhadap dunia makin besar.
  5. Alharj berasal dari bahasa Habasyah (Etiopia) yang berarti pembunuhan(2).
  6. Disyariatkannya bertanya untuk memperjelas penyampaian ilmu atau informasi yang belum dipahami dengan baik.
  7. Banyaknya pembunuhan yang terjadi adalah fenomena akhir zaman.
  8. Pembunuhan yang dimaksud dalam hadis ini adalah banyaknya kaum kafir membunuh umat Islam atau sesama kaum muslimin saling membunuh dan bukan yang dimaksud pembunuhan yang dibenarkan dalam syariat Islam.
  9. Hadis ini adalah di antara bukti kenabian Muhammad ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam dimana beliau mengabarkan hal-hal yang akan terjadi di akhir zaman dan belum terjadi di zamannya.
  10. Hadis ini menjelaskan beberapa hal yang tercela dan seharusnya dihindari oleh seorang muslim, di antaranya yaitu tidak memanfaatkan waktu secara baik dengan melaksanakan amal saleh, sifat kikir dan bakhil serta menumpahkan darah kaum muslimin bukan dalam hal yang dibenarkan oleh syariat.
Baca juga:  MENJAUHI NERAKA DENGAN SEPOTONG KURMA

 

 


Footnote:

(1) Lihat: Ma’ālim al-Sunan karya al-Khaṭṭābī (4/341), aru al-Taṡrīb (4/28), Fatu al-Bāri (2/522) dan Irsyād al-Sārī (10/172).

(2) Lihat: Masyāriq al-Anwār ‘ala Ṣiḥāḥ al-Āṡār (2/267).

image_pdfUnduh PDF
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments