HADIS TATA CARA MANDI JANABAH

210
HADIS TATA CARA MANDI JANABAH
Perkiraan waktu baca: 2 menit

SYARAH KITAB ‘UMDAH AL-AKĀM[1]

Daftar Isi:

عن عائشةَ -رضي الله عنها- قالتْ: كانَ رسولُ الله -ﷺ-، إذا اغتسلَ من الجنابةِ، غسلَ يديه، وتوضَّأ وُضوءَه للصَّلاةِ، ثم اغتسلَ. ثم يُخلِّلُ بيده شَعَرَهُ، حتى إذا ظنّ أنه قد أرْوى بَشَرَتَهُ أفاضَ عليه الماءَ ثلاث مرّاتٍ، ثم غسلَ سائر جسد. وكانت تقول: كنتُ أغتسِلُ أنا ورسولُ الله -ﷺ- من إناءٍ واحدٍ، نغترِفُ منه جميعًا

وعن ميمونة بنتِ الحارث -رضي الله عنها- زوج النبيِّ  -ﷺ- قالت: وضعَ رسولُ الله – ﷺ – وضُوءَ الجنابةِ، فَأكْفَأ بيمينه على يسارِه مرتين أو ثلاثًا، ثم غسلَ فَرْجَهُ، ثم ضربَ يدهِ بالأرضِ أو الحائط -مرتين أو ثلاثًا- ثم تمضمضَ واستنشقَ، وغسلَ وجهَهُ وذراعيه، ثمّ أفاضَ على رأسِهِ الماءَ، ثم غسلَ جسدَه، ثم تنحّى فغسلَ رِجْليه، فأتيتُه بِخِرْقَةٍ فلم يُرِدْها، فجعلَ ينفُضُ الماءَ بيدِه

Artinya :

‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā berkata, “Biasanya Rasulullah ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam jika mandi disebabkan karena junub, beliau mencuci kedua tangannya dan berwudu seperti wudu beliau untuk salat, lalu beliau pun mandi. Lalu beliau memasukkan jari jemarinya ke sela-sela rambutnya, hingga beliau menduga bahwa air telah menyentuh kulit beliau. Beliau pun lantas menyiramkan air sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh.” ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā biasa mengatakan, “Saya dahulu biasa mandi bersama Rasulullah ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam dari satu bejana, kami menciduk air darinya bersama-sama.”

Maimūnah bin al-Ḥāriṡ raḍiyallāhu ‘anhā, istri Nabi ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam, berkata, “Rasulullah meletakkan air untuk mandi junub, beliau pun lalu menciduk air dengan tangannya untuk dituang ke tangan kirinya dua atau tiga kali. Lalu beliau pun membasuh kemaluannya. Lalu beliau pun mengusap tanah atau dinding dengan tangannya dua atau tiga kali. Lalu beliau pun berkumur dan ber-isntinsyāq, membasuh wajah dan kedua lengan, lalu beliau megguyur air ke kepala, lalu beliau pun membasuh tubuh. Lalu beliau pun berpindah, lalu membasuh kedua kakinya. Aku pun lantas mendatangi beliau sembari membawakan kain. Beliau ternyata tidak menginginkannya. Beliau hanya menyapu air dengan tangannya.”

Baca juga:  MENGQADA SALAT KARENA TERTIDUR ATAU LUPA

Takhrij Hadis:

Hadis ‘Ā’isyah raḍiyallāhu ‘anhā diriwayatkan oleh Imam Bukhārī dalam kitabnya, al-Ṣaḥīḥ; kitab al-Gusl, Bab “Menyela-nyela Rambut”, no. 272,273,  dan Imam Muslim dalam kitabnya, al-Ṣaḥīḥ; kitab al-Haiḍ, Bab “Sifat Mandi Janabah”, no. 316.

Maimūnah bin al-Ḥāriṡ raḍiyallāhu ‘anhā diriwayatkan oleh Imam Bukhārī dalam kitabnya, al-Ṣaḥīḥ; kitab al-Gusl, Bab “Seseorang yang Wudu Saat Janabah”, no. 274, dan Imam Muslim dalam kitabnya, al-Ṣaḥīḥ; kitab al-Haiḍ, Bab “Sifat Mandi Janabah”, no. 317.

Syarah dan Faedah yang Terkandung pada Kedua Hadis Ini:

  1. Kedua hadis ini menjelaskan tentang tata cara mandi Nabi ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam yang diceritakan oleh istri-istri beliau. Para istri beliaulah yang bisa menyaksikan keadaan beliau lahir batin.
  2. Orang yang ingin mandi junub disyariatkan baginya beberapa amalan berikut, yaitu:
    • Membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali sebelum memulai mandi karena kedua telapak tangan berfungsi sebagai pemindah air ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, kedua telapak tangan harus dibasuh.
    • Membasuh kemaluan setelah itu agar menghilangkan sebab junub yang masih tersisa.
    • Memasukkan air air ke sela-sela rambut dengan cara memasukkan jari-jemari dengan air ke sela-sela rambut.
    • Menuangkan air ke kepala sebanyak tiga kali lalu menuangkan air ke seluruh tubuh.
    • Berwudu layaknya wudu secara sempurna disertai dengan berkumur dan ber-istinsyāq.
  3. Mandi dengan cara seperti ini adalah mandi yang paling sempurna. Demikianlah yang dikerjakan oleh Nabi ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam.
  4. Jika dibutuhkan, bisa membasuh kaki sekali lagi setelah itu, misalnya bila ada kotoran atau tanah yang mengenai kaki. Bisa berpindah tempat lalu mencuci kedua kaki kedua kalinya. Hal ini mungkin dibutuhkan apabila seseorang mandi di tempat yang airnya tidak mengalir.
  5. Batas minimum mandi yang sah ialah mengenakan air pada seluruh tubuh dengan cara apapun. Dibolehkan mengeringkan anggota tubuh setelah berwudu dan mandi dengan handuk, boleh juga tanpa menggunakannya. Wallāhu a’lam.

 

Baca juga:  HUKUM SALAT SUNAH TAWAF SETELAH SUBUH DAN ASAR

 


Footnote:

[1] Diterjemahkan dan disadur dari kitab “Mūjaz al-Kalām ‘alā ‘Umdah al-Akām” karya Dr. Manṣūr bin Muḥammad al-Ṣaq’ūb afiahullāh.

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments