MENYELA-NYELA JANGGUT KETIKA BERWUDU

174
Perkiraan waktu baca: 1 menit
image_pdfUnduh PDF

وَعَنْ عَامِرِ بْنِ شَقِيقِ بْنِ جَمْرَةَ، عَنْ أَبِي وَائِل، عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ النَّبِيِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسَلَّمَ: أَنَّهُ كَانَ يُخَلِّلُ لِحْيَتَهُ. رَوَاهُ ابْن مَاجَه، وَالتِّرْمِذِيُّ-وَصَحَّحَهُ- وَابْن خُزَيْمَة وَابْن حبَان. وَقَالَ البُخَارِيُّ: هُوَ أَصَحُّ شَيْء فِي هَذَا الْبَاب، وعَامِرُ ضَعَّفَهُ ابْنُ مَعِين. وَقَالَ النَّسَائِيُّ: لَيْسَ بِهِ بَأْسٌ، وَقَالَ أَبُو حَاتِم: لَا يَثْبُتُ عَن النَّبِيِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َفِي تَخْلِيلِ اللِّحْيَةِ حَدِيثٌ

Dari Āmir bin Syaqīq bin Jamrah, dari Abu Wā’il, dari Usmān raḍiyallāhu ‘anhu dari Nabi ﷺ, bahwa beliau menyela-nyela janggutnya (ketika berwudu).[1] Hadis tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Tirmidzi -dan beliau mensahihkannya-, demikian pula Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban. Al-Bukhari berkata, “Hadis ini adalah yang paling sahih dalam masalah ini.” Rawi Amir dilemahkan oleh Ibnu Ma’in, namun al-Nasai menilai beliau laisa bihi ba’sa (tidak mengapa diriwayatkan darinya). Abu Hatim pernah berkata, “Tidak ada satu hadispun yang valid dari Nabi ﷺ tentang menyela-nyela janggut.”

Kosa kata hadits:

  1. اللِّحْيَةِ (al-liḥyah)dalam istilah bahasa Arab adalah semua rambut yang tumbuh di pipi (di atas tulang pipi) dan dagu.[2]

Makna hadits:

Salah satu sifat atau tata cara wudu Nabi Muhammad ﷺ yang diriwayatkan oleh Usmān bin ‘Affān raḍiyallāhu ‘anhu adalah beliau menyela-nyela jemarinya di antara janggut yang tumbuh di pipi dan dagu.

Faedah dan istinbat dari hadis:

  1. Hadis tersebut menunjukkan disyariatkannya menyela-nyela janggut ketika berwudu.[3]
  2. Ada dua pandangan ulama terkait dengan hukum menyela-nyela janggut ketika berwudu, yaitu:
  3. Wajib menyela-nyela janggut ketika berwudu. Ini adalah pendapat Ishaq bin Rahawaih dan Abu Tsaur.
  4. Mustahab, ini adalah pandangan mayoritas atau jumhur ulama, di antaranya Abū Hanīfah, al-Tsauri, al-Syāfi’i dan Aḥmad bin Hambal.[4]

 


Footnote:

[1] HR. Ibnu Majah (430), Tirmidzi (31) dan Ibnu Hibban (1081).

[2] Muhammad bin ‘Abdurrahmān al-Mubārakfūrī. Tuḥfatul Ahwadzī bi Syarhi Jāmi’ al-Tirmidzī. Jilid 1, hlm 105.

[3] Muhammad bin Ismail al-Shanaani. Op. Cit. Jilid 1, hlm. 67.

[4] Ibnu Batthal. Op. Cit. Jilid 1, hlm. 56.

image_pdfUnduh PDF
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments